Kotak Hitam Pesawat Sriwijaya Air Berhasil Ditemukan, Ini Isinya!

- 12 Januari 2021, 20:23 WIB
Kotak hitam pesawat Sriwijaya Air SJ 182 berhasil dibawa ke JICT.
Kotak hitam pesawat Sriwijaya Air SJ 182 berhasil dibawa ke JICT. /ANTARA/Fauzi Lamboka

PURWAKARTA NEWS - Kotak Hitam dari Pesawat Sriwijaya Air yang jatuh di Kepulauan Seribu berhasil ditemukan petugas.

Kotak Hitam merupakan sekumpulan perangkat yang digunakan pada transportasi, merujuk kepada perekam data penerbangan (flight data recorder; FDR) dan perekam suara kokpit (cockpit voice recorder; CVR) dalam pesawat terbang.

Kotak Hitam berisi rekaman pembicaraan antara pilot dan pemandu lalu lintas udara atau air traffic control (ATC) serta untuk mengetahui tekanan udara dan kondisi cuaca selama penerbangan.

Baca Juga: Ini Peta Wilayah Rawan Banjir dan Longsor di Purwakarta

Meskipun bernama kotak hitam namun kotak tersebut berwarna oranye, guna memudahkan pencarian jika pesawat itu mengalami kecelakaan.

Kotak hitam terdiri dari alat perekam suara di ruang kemudi pilot (Cockpit Voice Recorder) dan alat rekam data penerbangan (Flight Data Recorder)

Dilansir Purwakarta News dari Antara, Selasa 12 Januari 2021, Petugas gabungan TNI AL membawa kotak hitam pesawat Sriwijaya Air SJ-182 ke Dermaga JICT II Tanjung Priok, usai ditemukan di Kepulauan Seribu sekitar pukul 16.30 WIB.

Baca Juga: Cairkan BLT UMKM Rp2,4 Juta Tahun 2021, Cek Anda Terdaftar di eform.bri.co.id

Kotak hitam itu dimasukkan ke dalam boks dan berisi air berwarna kecokelatan, kemudian dibawa menggunakan Sea Rider oleh beberapa penyelam di antaranya Kopaska dan Dislambair.

Halaman:

Editor: Muhammad Mustopa

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

x