Nabi Muhammad Sebagai Makhluk yang Paling Sempurna, Berikut Ciri-cirinya Menurut Para Sahabat Nabi

- 7 Juli 2022, 13:16 WIB
Nabi Muhammad Sebagai Makhluk yang Paling Sempurna, Berikut Ciri-cirinya Menurut Para Sahabat Nabi
Nabi Muhammad Sebagai Makhluk yang Paling Sempurna, Berikut Ciri-cirinya Menurut Para Sahabat Nabi /BilliTheCat / pixabay/

PURWAKARTA NEWS - Nabi Muhammad adalah makhluk Allah SWT yang paling sempurna, baik akhlak budi pekertinya, rupawan kegantengan wajahnya dan derajat kemuliaannya disisi Allah SWT.

Nabi Muhammad SAW merupakan sosok nabi yang lemah-lembut, penyayang kepada sesama dan berakhlakul Karimah. Sebagaimana firman Allah SWT (QS At-Taubat :128) yang berbunyi

لَقَدْ جَاءَكُمْ رَسُولٌ مِنْ أَنْفُسِكُمْ عَزِيزٌ عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ حَرِيصٌ عَلَيْكُمْ بِالْمُؤْمِنِينَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ

“Sungguh telah datang kepada kalian seorang Rasul dari kaum kalian sendiri, berat terasa olehnya penderitaan kalian, sangat menginginkan (kebaikan) bagi kalian, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin.” (At-Taubah:128)

Baca Juga: Nabi Muhammad SAW Direndahkan Oleh Dua Politikus Kemenlu RI: Kutuk Keras

Baca Juga: Sholawat Bariyyah Beserta Keutamaannya, Mendatangkan Rezeki hingga Safa'at Nabi Muhammad SAW

Dalam Hadis Bukhari juga diterangkan "Rasulullah adalah manusia yang paling tampan wajahnya, paling baik akhlaknya. Beliau tidak berbadan terlalu tinggi dan juga tidak pendek". (HR. Shahih al Bukhari : No.3285)

Dalam Hadis lain dikatakan : "Rasulullah ﷺ itu berperawakan sedang, berpundak bidang, rambutnya lebat terurai ke bahu hingga sampai kedua cuping telinganya.

Pada suatu ketika, beliau pernah mengenakan pakaian berwarna merah, tidak ada seorangpun yang lebih tampan dari beliau." (HR. Shahih Muslim : No.4308)

Halaman:

Editor: Solahudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

x