Surat Al-Fatihah, Tujuh Ayat yang Mempunyai Keistimewaan

- 10 Januari 2022, 12:27 WIB
Ilustrasi Berdoa.
Ilustrasi Berdoa. /PIXABAY/mohamed_hassan

PURWAKARTA NEWS - Surat Al-Fatihah mempunyai keistimewaan yang lebih dibandingkan dengan surat-surat lainnya di dalam Al-Qur'an.

Keistimewaan surat Al-Fatihah bisa kita lihat di dalam Al-Qur'an yang selama ini kita pakai sebagai pegangan hidup umat muslim.

Menjadi surat pembuka di dalam Al-Qur'an, surat Al-Fatihah terdiri dari 7 ayat, dan termasuk dalam surat makkiyah karena diturunkan di Kota Mekkah.

Baca Juga: 5 Keutamaan Membaca Al-Quran

Surat Al-Fatihah yang juga mempunyai arti pembukaan ini disimpan menjadi surat pertama di dalam Al-Qur'an yang sudah dibukukan, dan mengandung makna yang mendalam.

Di ayat pertama sampai ketiga surat Al-Fatihah ini mengandung pujian kepada Allah SWT yang telah menciptakan seluruh alam semesta ini. Allah SWT dengan penuh kasih sayangnya menciptakan semua kehidupan di alam raya ini.

Ayat keempat menegaskan bahwa Allah SWT yang akan membangkitkan kembali umat manusia di hari kiamat nanti, dan di hari itu amalan dan dosa kita akan dipertanggungjawabkan karena Allah SWT yang merajai hari pembelasan.

Baca Juga: Tiga Peristiwa Besar Bagi Umat Muslim di Bulan Rabiul Awwal

Ayat kelima pun menegaskan bahwa Allah SWT yang patut dimintai pertolongan dan disembah oleh umat manusia.

Halaman:

Editor: Aga Gustiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

x