Tiga Peristiwa Besar Bagi Umat Muslim di Bulan Rabiul Awwal

- 25 Oktober 2021, 11:08 WIB
Ilustrasi Bulan Rabiul Awwal sebagai bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW.
Ilustrasi Bulan Rabiul Awwal sebagai bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW. /Pixabay Free-Photos

PURWAKARTA NEWS - Bulan Rabiul Awwal menjadi salah satu bulan yang istimewa bagi umat muslim. Dan berbagai peristiwa bersejarah hadir pada bulan tersebut, berikut peristiwa besar yang hadir pada bulan Rabiul Awwal :

1. Kelahiran Nabi Muhammad

Nabi Muhammad SAW lahir ke dunia untuk memperbaiki akhlak umat manusia. Tepatnya tanggal 12 Rabiul Awwal, Siti Aminah yang merupakan ibunda nabi Muhammad melahirkan.

Siti Aminah merasakan ketenangan dan ketentraman saat melahirkan baginda Rosulullah hal ini menjadi salah satu keajaiban dan berkah yang hadir menjelang kelahiran nabi sebagaimana termaktub dalam kitab Al Barzanji yang ditulis Sayyid Ja’far bin Husin Al Barzanzi.

Baca Juga: Keutamaan Dzikir pagi dan Sore

2. Hijrah Umat Islam dari Makkah ke Madinah

Bulan Rabiul AWwal juga menjadi saksi sejarah peristiwa hijrahnya nabi muhammad dan para sahabat dari Makkah ke Madinah, proses hijrah tersebut nantinya akan berdampak terhadap kegemilangan dakwah islam bahkan sampai saat ini. Setelah kaum Muslimin hijrah ke Yastrib (Madinah) atas perintah Nabi, jumlah kaum Muslimin yang masih berada di Makkah , tinggal sedikit sekali. Dua orang sahabat Nabi, yaitu Abu Bakar Siddiq dan Ali bin Abi Thalib masih tetap berada di Makkah bersama Nabi. Nabi Muhammad SAW belum melakukan hijrah sebelum ada perintah dari Allah SWT. Kaum kafir Quraisy ingin menghentikan upaya hijrah Nabi. Kemudian para pemuka Quraisy bersidang di tempat bernama Darun Nadwah untuk merencanakan tindakan yang akan diambil terhadap Nabi Muhammad SAW. Akhirnya mereka memutuskan bahwa Nabi Muhammad SAW harus dibunuh.

Kekejaman kaum kafir Quraisy disebutkan dalam Alquran QS Al- Anfal ayat 30. "Dan (ingatlah), ketika orang-orang kafir (Quraisy) memikirkan daya upaya terhadapmu untuk menangkap dan memenjarakanmu atau membunuhmu, atau mengusirmu. mereka memikirkan tipu daya dan Allah menggagalkan tipu daya itu. Dan Allah sebaik-baik pembalas tipu daya".

Rencana jahat kaum kafir Quraisy itu telah dketahui pula oleh Nabi Muhammad. Beliau diperintahkan oleh Allah SWT untuk segera berhijrah malam itu juga. Malaikat Jibril berkata sebagaimana yang tertulis dalam Kitab Ibn al-Atsir al-Kamil fi al-Tarikh, halaman 72 "Muhammad janganlah kamu tidur malam ini di tempat tidurmu, karena sesungguhnya Allah SWT memerintahkanmu untuk berhijrah ke Madinah".

Halaman:

Editor: Muhammad Mustopa

Sumber: Youtube


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini