Keutamaan Dzikir pagi dan Sore

- 25 Oktober 2021, 10:18 WIB
Ilustrasi Dzikir sebelum memulai aktivitas
Ilustrasi Dzikir sebelum memulai aktivitas /Freepik.com/karlyukav/

PURWAKARTA NEWS - Allah SWT menjanjikan banyak keutamaan bagi hamba-Nya yang senantiasa merutinkan amalan dzikir pagi dan petang sesuai tuntunan Rasulullah. Sebagaimana hadist yang diriwayatkan Bukhari nomor 39 yang artinya : “Gunakanlah waktu pagi dan waktu sore, serta sebagian waktu malam untuk beribadah,"

Ibnul Qoyim memberikan perumpamaan terhadap dzikir pagi dan sore ibarat baju besi. "Semakin banyak lapisan lempengnya, senjata tidak akan bisa menembus pemakainya. Bahkan, kekuatan baju besi bisa mencapai keadaan, dimana tombak bisa mental dan balik menyerang orang yang melemparnya,".

Pagi dan sore adalah dua waktu menjelang pergantian hari, dari gelap ke terang dan dari terang menuju gelap. Sehingga manusia membutuhkan perlindungan untuk melintasi waktu malam dan waktu siangnya agar dilindungi oleh Allah.

Baca Juga: Bacaan Dzikir Pagi Untuk Kelancaran Rezeki

Allah telah sebutkan di dalam QS Thaha ayat 130 mengenai kapan waktu untuk berdzikir. “Bersabarlah terhadap komentar yang mereka ucapkan, dan bertasbihlah dengan memuji Rabbmu sebelum terbit matahari dan sebelum terbenamnya matahari".

Jika dipagi hari tidak bisa melakukan dzikir pagi karena kesibukan, maka para ulama menyarankan menganjurkan untuk melakukan dzikir petang Barangsiapa yang membacanya di pagi hari,maka ia pasti akan terjaga dari gangguan jin sampai sore hari. Dan jika membacanya di sore hari, maka ia akan terjaga dari gangguan jin hingga pagi hari".

Orang yang berdzikir di pagi hari akan mendapat kasih sayang Allah seperti yang tertulis dalam Quran Surat Al -Ahzab ayat 42 dan 43 yang artinya “Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan sore, Dialah yang memberi rahmat kepadamu dan malaikat-Nya (memohonkan ampunan untukmu), supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). Dan adalah Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman”.

Baca Juga: Agar Jadi Berkah, Berikut Doa Saat Hujan Turun Lengkap Beserta Artinya

keutamaan lainnya untuk orang yang senantiasa melakukan dzikir ialah diberi pengampunan “Maka bersabarlah kamu, karena sesungguhnya janji Allah itu benar, dan mohonlah ampunan untuk dosamu dan bertasbihlah seraya memuji Tuhanmu pada waktu sore dan pagi” (QS. Ghafir: 55). ***

 

Editor: Muhammad Mustopa

Sumber: YouTube


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah