Virus Corona Makin Galak, Ini Amalan dan Doa dari Gus Mus

- 29 Juni 2021, 09:45 WIB
Khutbah Jumat Tema Sebab Terkabulnya Doa
Khutbah Jumat Tema Sebab Terkabulnya Doa /Pixabay / mohamed_hassan

PURWAKARTA NEWS – Virus Corona atau Covid-19 saat ini semakin meningkat. Bahkan beberapa hari ini kasus positif di Indonesia mencapai 20 ribu lebih.

Jelas ini sangat mengkhawatirkan, karena membuat para nakes kewalahan dan rumah sakit hampir penuh 100 persen.

Namun masyarakat harus terus melakukan berbagai upaya agar dapat terhindar dari virus dan jangan terlalu khawatir karena akan menurunkan imun tubuh.

Baca Juga: Apa Itu Zuhud? Ini Kata Buya Syakur Yasin

Selain ikhtiar medis, ikhtiar batin juga diingatkan oleh Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Ahmad Mustofa Bisri (Gus Mus) bagi umat Islam.

"Menghadapi Covid-19, ikhtiar lahir sudah dilakukan secara massal (dan bahkan mirip 'kepanikan umum'). Tapi, sebagai hamba-hamba beriman, kita tidak boleh melupakan ikhtiar batin, mendekat serta memohon kepada Tuhan kita dan Tuhannya segala virus," ungkap Gus Mus lewat instagramnya, @s.kakung, Senin (16/3) lalu.

Ikhtiar bathin yang bisa dilakukan oleh umat Islam di antaranya dengan menyempurnakan wudhu. Selain itu bacaan-bacaan doa juga bisa dirutinkan di antaranya dengan membaca kalimat بسم الله لا يضر مع اسمه شئ في الأرض ولا في السماء وهو السميع العليم، 

Baca Juga: Tips Menghadapi Virus Corona dari dr Zaidul Akbar, Lawan dengan Solusi Langit!  


"BismiLlãhi lã yadhurru ma'asmiHi syai-un fil ardhi walã fissamã-i waHua s-Samii'ul 'Aliim, setiap habis Subuh dan Maghrib; juga jika mau keluar rumah," jelasnya.

Bacaan yang lain di antaranya dengan mewiridkan asma Allah يا سلام (yã Salãm) يا حفيظ (yã Hafiizh), dan يا مانع يا ضآر ، (yã Mãni'u yã Dhãrru). Masing-masing minimal 20 kali setiap habis salat. Gus Mus juga mengingatkan untuk senantiasa membaca shalawat Nabi di sela-sela waktu longgar dengan berbagai jenis shalawat yang disukai atau dihafal. "Berdoa: اللهم إنا نسألك العفو والعافية والمعافاة الدائمة في الدين والدنيا والآخرة،  Allahumma innã nas'aluKa al-'afwa wal-'ãfiata wal mu'ãfata fiddiini waddunyã wal ãkhirah. Wawallãhu Musta'ãn," pungkasnya.***

 

Editor: Muhammad Mustopa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah