4 Kemuliaan Malam Lailatur Qadar Menurut Ulama

- 20 April 2021, 11:25 WIB
Ilustrasi malam lailatul qadar.
Ilustrasi malam lailatul qadar. /Pixabay/mohamed_hassan/

PURWAKARTA NEWS - Malam lailatul qadar disebut sebagai malam penuh kemuliaan, bahkan ada juga yang menyebut malam seribu bulan. Para ulama berpendapat malam tersebut malam penuh keberkahan.

Dialnsir Purwakarta News dari NU, Selasa, 20 April 2021, ada empat kemuliaan utama malam lailatul qadar.

1. Pahala yang dilipat-gandakan karena hanya terjadi pada bulan Ramadhan. Para ulama berpendapat jika seorang hamba melakukan ibadah sunnah seperti shalat, baca alqur’an, infak/shadaqoh, dan berzikir, maka Allah akan lipat-gandakan pahala.

Baca Juga: Gubernur Jatim Minta Ridwan Kamil Desain Masjid Islamic Center Surabaya

2. Di dalamnya Al-Qur’an diturunkan sebagai petunjuk manusia untuk menjadi penjelasan dan pembeda antara yang hak dan yang batil.

Menurut Syekh Abdul Halim Mahmud, makna nuzûl al-Qur’an adalah turunnya risalah yang penuh kasih sayang secara menyeluruh atau tidak pandang bulu.

Pandangan ini didasari pada firman Allah:

“Haa miim. Demi Kitab (Al-Qur’an) yang menjelaskan, sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah, (yaitu) urusan yang besar dari sisi Kami. Sesungguhnya Kami adalah yang mengutus rasul-rasul sebagai rahmat dari Tuhanmu. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui,” (Q.S. al-Dukhan [44]: 1-6)

Dengan demikian, rahmat merupakan asas, tujuan, dan sebab diturunkannya Al-Qur’an dan diutusnya Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam untuk mengatur dan menata kehidupan manusia agar selamat dunia dan akhirat.

Halaman:

Editor: Muhammad Mustopa

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini