Doa Turun Hujan Lengkap dengan Arab, Latin dan Artinya

- 14 Februari 2021, 20:14 WIB
Ilustrasi Berdoa.
Ilustrasi Berdoa. /PIXABAY/mohamed_hassan
PURWAKARTA NEWS - Sebelum memulai aktivitas, doa menjadi bagian penting harus dilakukan untuk menyertakan Tuhan dalam setiap gerak langkah.
 
Bukan hanya itu, bahkan doa dianjurkan untuk dipanjatkan saat muncul fenomena alam. Termasuk ketika musim hujan bulan ini.
 
Hujan adalah satu dari banyak hal yang patut disyukuri, karena dengannya tumbuh dari bawah bumi segala macam pepohonan yang menjaga ekosistem bumi.
 
Dirangkum dari berbagai sumber, berikut sejumlah doa yang dapat dibaca ketika turun hujan, baik pagi, siang atau malam.
 
Doa Saat Turun Hujan Ringan
 
Diriwayatkan dalam hadis Bukhari nomor 1032, dari Ummul Mukminin, Aisyah radhiyallahu 'anha mengatakan:
 
اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً
 
Allahumma shoyyiban nafi'an
 
Artinya : "Ya Allah, turunkan lah pada kami hujan yang bermanfaat."
 
Doa Saat Turun Hujan Lebat
 
Berdasarkan Hadis Riwayat Bukhari, berikut ini doa ketika turun hujan lebat yang pernah dibaca Rasulullah SAW:
 
اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ
 
Allahumma haawalaina wa laa 'alaina. Allahumma 'alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari
 
Artinya: "Ya Allah, turunkan lah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turunkan lah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan."
 
Doa Saat Hujan Angin
 
Imam Muslim dalam salah satu hadis meriwayatkan bahwa saat hujan disertai angin kencang Rasulullah SAW membaca sebuah doa angin kencang berikut ini:
 
اَللهُمَّ إِنِّيْ أَسْئَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَخَيْرَمَا اُرْسِلَتْ بِهِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّمَا فِيْهَا وَشَرِّمَا اُرْسِلَتْ بِهِ
 
Alloohumma innii as-aluka khoirohaa wa khoiro maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih. Wa-a'uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih
 
Artinya: "Ya Allah, saya memohon kepada-Mu kebaikan angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya, dan kebaikan yang Engkau kirim bersamanya. Dan saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada di dalamnya, dan kejahatan yang Engkau kirim bersamanya."

Editor: Muhammad Mustopa


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

x