Hari Hewan Sedunia Diperingati Pada 4 Oktober 2022, Inilah pencetus dan Sejarahnya

- 4 Oktober 2022, 04:00 WIB
Hari Hewan Sedunia Diperingati Pada 4 Oktober 2022, Inilah pencetus dan Sejarahnya
Hari Hewan Sedunia Diperingati Pada 4 Oktober 2022, Inilah pencetus dan Sejarahnya /

PURWAKARTA NEWS - Hari Hewan Sedunia atau World Animal Day sering diperingati satu tahun sekali pada tanggal 4 Oktober.

Hari Hewan Sedunia 4 Oktober adalah cara untuk merefleksikan agar kesadaran manusia untuk memperhatikan kesejahteraan Hewan.

Ada beberapa hari lain yang terkait dengan hewan seperti: Hari Hewan Laboratorium Sedunia pada 24 April dan Hari Satwa Liar Sedunia pada 3 Maret, dan ini juga penting.

Baca Juga: Tak Terima Negaranya Berada di Urutan Kedua Paling Rasis di Dunia, Warga Malaysia: Kami Tidak Rasis

Baca Juga: Mengejutkan! Indonesia Masuk List 'Negara Paling Rasis di Dunia' Nomor Berapa? Simak Daftarnya di Sini!

Namun, Hari Hewan Sedunia adalah satu hari dalam setahun yang merangkul semua hewan dan keunikan masing-masing, di setiap negara.

Ini adalah kesempatan khusus untuk mencintai dan rasa hormat kita terhadap hewan dengan melakukan sesuatu yang istimewa untuk mengetahui pentingnya mereka di dunia. Ini tanpa gerakan kesejahteraan hewan, memobilisasinya menjadi kekuatan global untuk perubahan.

Hari Hewan Sedunia, selalu menjadi wahana utama bagi partisipasi rakyat biasa dalam politik, dan kunci dalam memperjuangkan keadilan dan reformasi sosial. Kehidupan hewan sangat dipengaruhi oleh tindakan individu, bisnis, dan negara.

Baca Juga: Eksklusif: Zelensky Menuduh Pihak Rusia Melakukan Kejahatan Perang

Baca Juga: Sambil Senyum, Putin Memperingatkan Ukraina: Perang Bisa Menjadi Lebih Serius

Oleh karena itu penting bahwa, sebagai makhluk hidup, status sah mereka sebagai penerima keadilan sosial yang ditetapkan dan diterapkan dalam perlindungan hewan yang efektif.

Pencetus Hari Hewan Sedunia

Ide Hari Hewan Sedunia dicetuskan oleh Heinrich Zimmermann, seorang penulis dan penerbit majalah Mensch und Hund/Man and Dog yang lahir di Warsawa, Polandia namun pindah ke Berlin, Jerman.

Heinrich Zimmermann (1887 - 1942) adalah seorang jurnalis, editor, penulis dan aktivis perlindungan hewan. Sebagai penyelenggara utama gerakan pencegahan kekejaman terhadap hewan, ia juga penerbit majalah Mensch und Hund/Man and Dog dengan terbitan baru setiap dua minggu. Dia menggunakan majalah itu untuk mempromosikan kesejahteraan hewan kepada masyarakat umum dan membentuk Komite Hari Hewan Sedunia.

Baca Juga: Memperingati Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia, Sebenarnya Apa yang Membuat Orang Ingin Mati?

Baca Juga: Sejarah dan Tujuan Peringatan Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia 2022

Zimmermann juga penerbit dua jilid berat Lexicon for Friends of Dogs dan buku Animal Brother. Setelah menyelenggarakan Hari Hewan Sedunia pertama di Berlin, ia berhasil memiliki resolusi yang diadopsi pada Kongres Perlindungan Hewan Internasional di Florence, Italia pada 8 Mei 1931, menjadikan 4 Oktober diperingati di seluruh dunia sebagai Hari Hewan Sedunia.

Dia menyelenggarakan perayaan Hari Hewan Sedunia pertama pada 24 Maret 1925 di Berlin, dan memindahkannya ke 4 Oktober untuk pertama kalinya pada tahun 1929. Awalnya dia hanya menemukan pengikut di Jerman, Austria, Swiss, dan Cekoslowakia.

Setiap tahun Zimmermann bekerja tanpa lelah untuk mempromosikan Hari Hewan Sedunia. Akhirnya, pada Mei 1931 di sebuah kongres organisasi perlindungan hewan sedunia di Florence Italia, proposalnya untuk menjadikan Hari Hewan Sedunia 4 Oktober diterima dengan suara bulat.

Baca Juga: Inilah 10 Quotes Penuh Makna untuk Memperingati Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia 2022

Baca Juga: Meninggal Diusia 96 Tahun, Inilah 5 Fakta Menarik Ratu Elizabeth II

Sejarah Hari Hewan Sedunia

Hari Hewan Sedunia pertama berlangsung pada 24 Maret 1925 di Sport Palace di Berlin, Jerman. Lebih dari 5.000 orang menghadiri acara tersebut. Ada alasan sederhana mengapa tanggal 24 Maret: Penyelenggara telah merencanakan pada 4 Oktober, tetapi Sport Palace, yang merupakan satu-satunya tempat yang cukup besar untuk menampung ribuan pengunjung, tidak tersedia pada hari itu.

Pada tahun-tahun berikutnya, penyelenggara terjebak dengan Maret tetapi pada tahun 1929 Hari Hewan Sedunia dirayakan untuk pertama kalinya pada tanggal 4 Oktober; hari itu awalnya dimaksudkan untuk menjadi.

Hari Hewan Sedunia dipilih pada tanggal 4 Oktober karena merupakan hari raya Fransiskus dari Asisi, santo pelindung ekologi, termasuk hewan. Fransiskus dari Assisi (1181-1226) adalah pendiri ordo Fransiskan Katolik. Legenda mengatakan bahwa Santo Fransiskus dapat berbicara dengan hewan, itulah sebabnya ia digambarkan dalam banyak lukisan di perusahaan mereka. Dia juga akan berkhotbah kepada binatang dan bahkan menjinakkan serigala.

Halaman:

Editor: Putra Juang

Sumber: World Animal Day


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x