Pemerintah China Bikin Aturan Ketat Soal Pamer Kekayaan, Para Artis Kena Imbas Hingga Potong Gaji 30 Persen

- 15 Februari 2022, 12:30 WIB
Aktor China Lin Yi/Instagram/@iam_linyi
Aktor China Lin Yi/Instagram/@iam_linyi /

PURWAKARTA NEWS - Pemerintah China bikin aturan ketat soal pamer kekayaan, artis kena imbas hingga dapat potongan gaji 30 persen.

Rencana pemerintah soal aturan ketat pamer kekayaan ini menjadi bahan perbincangan pemerintah Tiongkok atau China. Mereka membuat aturan baru soal gaji artis yang kini tak akan bernilai fantastis seperti biasanya.

Aturan baru ini pun dibuat karena ingin menertibkan mereka yang berani memamerkan kekayaan di depan publik sehingga hal ini membuat bisa menekan hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Forum Pimred PRMN Pertanyakan Hasil Survei Imogen Terkait Media Landscape 2022: Keliru dan Menyesatkan!

Salah satu hal lain yang menjadi poin penting pemerintah adalah menjadikan hal ini sebagai upaya untuk menekan kultur mendewakan artis sekaligus adanya penggelapan pajak.

Namun, hal ini justru membuat para artis ikut menjadi terdampak. Artis dilarang untuk menampilkan kekayaan di media sosial.

Dilansir dari Business Insider, para artis China tidak lagi bebas mengumpulkan kekayaan dan juga memamerkan kekayaan pribadi di depan publik dalam lima tahun ke depan.

Baca Juga: Sullyoon NMIXX Lebih Piih Debut di JYP Entertainment dari Pada SM Entertainment, Kenapa?

Administrasi Radio dan Televisi Nasional mengungkap jika gaji artisnya akan mendapatkan pembatasan sebanyak 40 persen dari total modal produksi.

Sementara penghasilan aktor film atau drama mendapatkan potongan sebanyak 30 persen. Artinya mereka hanya bisa menerima paling banyak 70 persen penghasilan dari total semua pemain.

Sebenarnya, Aturan ini muncul setelah aktris Zheng Shuang diketahui menerima penghasilan $25 juta atau sekitar Rp385 miliar.

Baca Juga: Lawan PSIS, Bobotoh Cantik Asal Purwakarta ini Berharap Persib Bandung Bisa Raih Poin Penuh

Angka tersebut dianggap sangat fantastis untuk tampil di satu serial drama. Sehingga penghasilan gaji artis pun menjadi sorotan karena kasus itu, pihak berwajib Beijing melakukan investigasi dan tim produksi dianggap telah menyalahi aturan.

Sebelumnya cukup banyak juga artis China yang kena masalah karena ketahuan menggelapkan pajak atau menutupi penghasilan asli mereka.

Beberapa di antaranya, adalah ratu live streaming Viya dan aktris Fan Bingbing. Keduanya telah meminta maaf dan berusaha membayar pajak juga hukuman yang dijatuhkan.

Baca Juga: Karena Alasan Ini, Pelatih Persib Ragu Pemainnya Siap Hadapi PSIS Semarang

Halaman:

Editor: Muhammad Mustopa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini