Ratusan Hotel di Batam Sudah Punya Sertifikat Protokol Kesehatan

- 20 Oktober 2020, 11:34 WIB
ILUSTRASI kamar hotel.*
ILUSTRASI kamar hotel.* /pixabay

PURWAKARTA NEWS – Pandemi Covid-19 masih belum selesai. Sampai saat ini jumlah kasus positif di Indonesia terus meningkat. Maka dari itu, menerapkan protokol kesehatan sangat penting. Termasuk di perhotelan.

Guna menghindari wabah tersebut, sekitar 151 hotel yang berlokasi di Kota Batam Kepulauan Riau (Kepri) sudah mengantongi sertifikat dari pemerintah daerah (pemda) setempat, sebagai tanda telah memenuhi syarat penerapan protokol kesehatan Covid-19.

"Sudah 151 hotel yang bersertifikat," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata di Batam seperti dikutip dari Antara.

Baca Juga: Karimunjawa Mulai Dibuka, Sebelum Masuk ke Objek Wisata Harus Rapid Test

Baca Juga: Eksotis dan Menakjubkan, Ini 4 Wisata Pantai di Garut yang Wajib Anda Kunjungi

Alasan sertifikat itu diberikan pemda karena menilai hotel-hotel itu menerapkan protokol kesehatan dengan baik, antara lain kewajiban mengenakan masker, menjaga jarak, dan menyiapkan hand sanitizer.

Kata Ardiwinata, penilaian itu dilakukan secara menyeluruh di bagian-bagian hotel. Selanjutnya, kata dia, pemda mendorong agar seluruh hotel disertifikasi kebersihan, kesehatan, keamanan, dan kelestarian lingkungan (Clean, Healty, Safety, Environment Sustainibillity/ CHSE) dengan melibatkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Baca Juga: Keren Banget, 5 Tempat Wisata di Bogor yang Layak Anda Kunjungi

Baca Juga: 6 Tempat Wisata di Cianjur yang Paling Hits

"Ini akan memberikan kepercayaan diri bagi pihak hotel dan masyarakat untuk kembali beraktivitas di hotel," kata dia.

Halaman:

Editor: Opie Febiwara

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

x