MenkopUKM Teten Masduki Kembangkan Korporatisasi Petani

- 18 November 2020, 22:57 WIB
Menkop UKM Teten Masduki
Menkop UKM Teten Masduki /Antara

PURWAKARTA NEWS - Menteri Koperasi dan UKM (MenkopUKM) Teten Masduki mendorong para petani, pekebun, dan nelayan, yang sebagian besar tergolong pelaku UMKM di Indonesia untuk mulai berkonsolidasi dan membangun korporatisasi petani melalui koperasi.

MenkopUKM Teten Masduki dalam acara Jakarta Food Security Summit yang digelar secara virtual, Rabu, mengatakan sektor pertanian termasuk di dalamnya perikanan masih didominasi 90 persen oleh para pelaku UMKM.

“Kami mengembangkan program di KemenkopUKM yang disebut korporatisasi petani,” kata Teten dilansir dari Antara, Rabu 18 November 2020.

Baca Juga: Gunung Merapi Keluarkan Suara Guguran Cukup Keras

Ia menambahkan tantangan pengelolaan pertanian rakyat di Indonesia yakni diusahakan dalam skala kecil, tata kelola belum modern, dan masuk ke industri hilir.

“Arahan Presiden Jokowi pada Rapat Terbatas di Kantor Presiden, Jakarta 12 September 2017 agar petani diorganisir dalam korporasi dengan tujuan agar berdaulat atas hasil produknya atau menikmati nilai tambah di on farm dan off farm, membangun industri dengan skala ekonomi yang besar dan tata kelola manajemen yang profesional,” kata Teten Masduki.

Pihaknya kemudian mencari solusi kelembagaan terkait tantangan di sektor pertanian dengan mendorong petani untuk membangun kelembagaan usaha yang dikelola secara profesional dan dalam skala keekonomian.

Baca Juga: Dihadiri Ribuan Orang, Ketua Panitia Ngaku Akad Nikah Putri Habib Rizieq Tanpa Resepsi

“Kalau kita lihat kondisi pertanian, perkebunan, dan perikanan kontribusi kepada PDB 13 persen, persentase terbesar UMKM di pertanian,” kata Teten Masduki.

Halaman:

Editor: Opie Febiwara

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x