Setahun Berjalan, Ma’ruf Amin Akui Masih Belum Ketahui Hal Ini dari Jokowi

- 24 Oktober 2020, 02:14 WIB
Wakil Presiden Ma'ruf Amin.
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. /dok Sekretariat Kabinet RI

PURWAKARTA NEWS - Tepat pada 21 Oktober kemarin, pemerintahan Jokowi Ma’ruf dalam kabinet Indonesia Maju sudah berjalan satu tahun. Usai satu tahun pemerintahan berjalan, ternyata ada yang belum diketahui Wakil Presiden Ma’ruf Amin dari Presiden Jokowi. Hal tersebut terungkap dilansir dari akun Youtube Najwa Shihab, Sabtu 24 Oktober 2020.

Sebelumnya Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan sesuai dengan aturan konstitusi Wakil Presiden bertugas membantu presiden. Wapres membantu membuat kebijakan-kebijakan melalui penetapan di sidang-sidang kabinet dan melalui diskusi khusus.

Hal tersebut disampaikan Wapres Ma’ruf Amin dalam menjawab pertanyaan seputar pembagian tugas antara presiden dan wakil presiden sejak dilantik setahun lalu.

Baca Juga: Wapres Ma’ruf Amin Tegaskan Tidak Ada Dua Matahari, Hanya Jokowi

“Nantinya yang keluar kebijakan tentu presiden, tidak ada dua matahari tidak ada. Harus presiden. Jadi Wapres adalah membantu presiden dalam semua kegiatan yang memang menjadi prioritas,” ujar Maruf.

Wapres Ma’ruf menyebutkan sejumlah penugasan khusus yang sudah dijalaninya yaitu yang terkait dengan kemiskinan, UMKM, stanting, reformasi birokrasi, ekonomi syariah, radikalisme.

“Terakhir ini saya disuruh juga soal pembangunan Papua. Jadi banyak yang secara khusus ditugaskan ke saya,” ujar Wapres.

Kemudian terkait dengan capaian setahun Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf, Wapres menyampaikan karena akhir-akhir ini terpotong oleh pandemi Covid-19, andai kata tidak ada pandemi banyak sekali capaian-capaian baik di dalam penyiapan SDM, infrastrusktur, penyerderhanaan regulasi, reformasi birokrasi, termasuk ekonomi.

“Itu pasti banyak sekali ya. Tetapi kalau saya lihat walaupun dalam keadaan pandemi, justru ada momentum penting yaitu untuk membangun kemandirian, membangun produk-produk dalam negeri, menghidupkan digitalisasi di bidang ekonomi, pendidikan. Inovasi juga makin berkembang saya lihat, dan upaya untuk mendorong UMKM itu sangat besar sekali,” ujar Ma’ruf.

Halaman:

Editor: Muhammad Mustopa


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

x