Pemerintah Harus Fokus Kejar Target Vaksin Corona Dalam Negeri

- 23 Oktober 2020, 08:08 WIB
ILUSTRASI vaksin.*
ILUSTRASI vaksin.* /pixabay

PURWAKARTA NEWS - Pengamat politik dari Voxpol, Pangi Syarwi Chaniago menyatakan adanya kontroversi politik terkait vaksin Covid-19, seperti yang terjadi di Brasil, bisa menjadi pelajaran. 

Pangi pun mendesak pemerintah agar fokus pada urusan pemenuhan vaksin dengan terus menjalin komunikasi publik yang baik kepada masyarakat.

"Pro kontra vaksin layaknya yang terjadi di Brasil penting untuk dicegah. Karenanya seluruh pihak baik pemerintah bersama dengan stake holder terkait harus mendahulukan kepentingan masyarakat terkait dengan vaksin tersebut," ujarnya, Jumat 22 Oktober 2020.

Baca Juga: Dibutuhkan 72 Juta Dosis Vaksin Covid-19 untuk Warga Jabar

Baca Juga: IDI Minta Pemerintah Pastikan Keamanan Vaksin Covid-19

Ia meminta, pemerintah fokus mengejar target pemenuhan vaksin pada masyarakat serta menghindari kontroversi.

"Penemuan vaksin yang lulus uji klinis dalam negeri justru makin meningkat animo kepercayaan publik," kata Pangi seperti dikutip dari RRI.

Sebelumnya, ia menjelaskan, isu terkait vaksin Covid-19 Sinovac berkembang menjadi komoditas politik di Brasil. Hal ini tak lepas dari pernyataan Presiden Brasil Jorge Bolsonaro yang menolak vaksin tersebut. Presiden yang sejak awal memandang enteng Covid-19 ini malah menyatakan enggan menjadikan vaksin sebagai bagian percobaan bagi rakyatnya.

Baca Juga: Menko Airlangga Prioritaskan Daerah Merah Divaksin Covid-19

Baca Juga: Akhir Tahun Ini Vaksin Merah Putih Uji Praklinik  

Halaman:

Editor: Opie Febiwara

Sumber: RRI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x