Jubir: Perkembangan Covid-19 di Indonesia Semakin Membaik

- 21 Oktober 2020, 20:02 WIB
Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito.
Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito. /Foto: Dok. BNPB/

PURWAKARTA NEWS - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito menyampaikan, perkembangan kasus Covid-19 di sejumlah daerah di Jawa, Bali, NTT, dan NTB kini semakin membaik untuk kasus positif mingguan. Namun, ada juga daerah yang perkembangannya mengarah ke kurang baik.

"Di Pulau Jawa, Bali, NTT, dan NTB mengalami perkembangan signifikan ke arah yang baik untuk kasus positif mingguan," kata Wiku, Rabu 21 Oktober 2020, dilansir RRI.

Baca Juga: Kerabat Presiden Jokowi Terbakar Dalam Mobil dengan Tangan Terikat

Wiku mengatakan, perkembangan penanganan di 34 provinsi kali ini dilakukan dengan memberikan peringkat rangking untuk melihat kasus positif, kasus sembuh, dan kasus meninggal dalam dua pekan sebelumnya. Dalam memberikan rangking, pada grafik dibedakan berdasarkan warna.

Hijau muda adalah provinsi dengan peringkat stabil baik, merah muda stabil kurang baik, hijau tua provinsi dengan perkembangan signifikan ke arah yang lebih baik, dan merah tua signifikan ke arah kurang baik.

Dari urutan peringkat, Wiku menjelaskan untuk kasus positif dan meninggal, semakin tinggi peringkat artinya perkembangannya kurang baik. Dan untuk kasus sembuh, semakin tinggi peringkat maka perkembangannya semakin baik.

Baca Juga: Mahkamah Agung Pecat 16 Prajurit TNI Terbukti LGBT

Wiku memerinci, Provinsi Jawa Barat berhasil menekan kasus positif dari peringkat 34, sempat naik menjadi peringkat 2 dan kembali menekan kasus hingga peringkat 33. Sedangkan Bali dari peringkat 9 menjadi 30. Dan Provinsi DKI Jakarta mengalami perkembangan kasus positif yang cukup stabil.

"Artinya, DKI Jakarta dapat menekan angka kasusnya sehingga berada di peringkat bawah, dari 23 menjadi 34 dan bertahan di peringkat 34 pada tanggal 18 Oktober," jelasnya.

Halaman:

Editor: Muhammad Mustopa

Sumber: RRI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

x