Pemerintah Tegaskan Bila Aktivis Dekat SBY Ditangkap Bukan Berarti Biayai SBY

- 20 Oktober 2020, 09:17 WIB
Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.
Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. /Antara News/

PURWAKARTA NEWS - Menteri Koordinator Bidang Politik hukum dan Keamanan Mahfud MD menyatakan, pemerintah telah mengantongi dalang atau aktor dibalik rusuhnya demo tolak UU Ciptaker. Ia sekaligus membantah isu sederet nama dikaitkan dengan dalang dibalik aksi ini, salah satunya mantan Presiden, Susilo Bambang Yudhoyono.

"Iya betul mas Andi Arief adik saya dia minta saya klarifikasi katanya pak Luhut, BIN, pak Mahfud klarifikasi tuduhan SBY menunggangi dan biayai itu, kalau tidak, tidak akan ada stabilitas politik, apa yang harus diklarifikasi kita kan tidak pernah bilang SBY dimana dan kapan kalau ada dimana dan kapan, kalau ada tunjukan akan saya selesaikan," kata Mahfud MD dikutip dari akun Youtube Najwa Shihab dalam tayangan Mata Najwa Mana Fakta Mana Dusta, Kamis 15 Oktober 2020.

Baca Juga: Mahfud Sebut Mungkin Nanti Ada Orang Dekat SBY Ditangkap

Selain itu, Mahfud MD juga menyebut, tudingan SBY sebagai dalang kerusuhan demo tolak UU Cipta Kerja berasal dari media sosial Twitter. Bila pun nanti ada orang dekat SBY yang ditangkap, kata Mahfud MD, bukan berarti SBY adalah dalang kerusuhan demo tolak UU Cipta Kerja.

"Saya tahu ada yang menuding itu di medsos tapi bukan pemerintah, pemerintah tidak pernah nyebut nama SBY. Bahwa nanti yang orang yang ditangkap, orang dekat dengan SBY bukan berarti dibiayi SBY itu karena dekat dengan saya juga itu biasa, aktivis itu kan dekat dengan siapa saja kita tidak pernah nyebut SBY," kata Mahfud MD.

Sementara itu Anggota Baleg DPR RI Fraksi Partai Demokra,t Benny K Harman menekankan, pemerintah seakan membiarkan Presiden ke-6 Indonesia, SBY, diperlakukan seperti itu di media sosial. Seharusnya menurut Benny, pemerintah memberi tindakan pada pemilik akun yang menuding SBY dalang kerusuhan demo tolak UU Cipta Kerja.

Baca Juga: Mahfud MD Waspadai Penyusup dalam Demo Setahun Jokowi-Maruf

"Pemerintah menjelaskan aksi demo tanggal 8 ada yang mendalangi itu keterangan resmi pemerintah tanpa menyebut dengan jelas siapa yang dimaksud, kan gak mungkin disebut duluan tanpa ada bukti. Di waktu yang bersamaan beredar di media sosia secara tegas meneybut nama presiden ke 6, negera membiarkan, bukan spoal SBY Presiden ke 6 diperlakukans seperti itu, media sosialnya dibiarkan kalau memang pemerintah menganggap itu tidak betul ambil tindakan dong, bukan salah publik juga kalau ada yang punya pandangan omongan Pemerintah ini bisa saja yang dimaksudnya Preisden ke 6, oleh sebab itu kita butuh klarifikasi," kata Benny K Harman.

Dalam percakapan yang ada, Mahfud MD kembali menegaskan, Pemerintah sama sekali tidak pernah menyebut nama SBY sebagai dalang kerusuhan demo tolak UU Cipta Kerja. Ia juga menyebut, sebagai teman baik tak mungkin menuding SBY dalang kerusuhan demo tolak UU Cipta Kerja.

Halaman:

Editor: Muhammad Mustopa

Sumber: RRI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

x