Pemerintah Jadikan Pandemi Momentum Reformasi Pariwisata

- 16 Oktober 2020, 05:58 WIB
SALAH satu pantai di Indonesia.*
SALAH satu pantai di Indonesia.* /pixabay

PURWAKARTA NEWS – Serangan virus Corona atau Covid-19 beberapa bulan ke belakang membuat banyak wisata di Indonesia lesu. Namun bagi pemerintah meskipun merugikan, momentum ini dijadikan untuk melakukan reformasi di bidang pariwisata, termasuk salah satunya yakni memperbaiki spot turis.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pandemi Covid-19 menjelaskan, perbaikan spot turis tidak pernah dilakukan sejak dulu. Maka, menurutnya, momentum ini harus dijadikan reformasi agar pariwisata di Indonesia lebih baik

"Kita ambil sisi positifnya, kita jadi menggunakan waktu itu (pandemi) untuk melakukan reformasi dalam bidang pariwisata. Kita lalukan perbaikan spot turis, misalnya. Itu yang tidak pernah kita lakukan dulu," katanya dalam wawancara satu tahun pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin yang ditayangkan salah satu saluran televisi swasta, Kamis malam (15/10).

Baca Juga: Dueren vs Bayern: Die Roten Cukur Lawannya 3 Gol Tanpa Balas, Choupo-Mouting Cetak Brace

Baca Juga: Langkah Kemensos dalam Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak

Luhut mengatakan, perbaikan spot turis dilakukan di banyak destinasi wisata, termasuk Danau Toba, Labuan Bajo, Borobudur, Bali, Banyuwangi hingga destinasi lainnya. Ia berharap perbaikan spot turis akan selesai tahun depan, seiring dengan mulai membaiknya kondisi masyarakat karena pandemi Covid-19 pada 2020 ini.

"Itu semua kita perbaiki, nanti kita harap turis mulai baik, kita kira tahun depan, itu akan jadi salah satu target kita," katanya seperti dikutip dari Antara.

Dampak negatif pandemi Covid-19 terhadap sektor pariwisata terutama karena adanya kontraksi dalam jumlah turis yang berkunjung ke Indonesia. Hal itu berdampak pada melesunya sektor pariwisata dan mengakibatkan banyaknya pekerja di sektor tersebut yang kehilangan pekerjaan.

Baca Juga: Bagi Pemula atau Pelaku UMKM, Kembangkan Usaha Lewat Pelatihan Ini Yuk, Gratis!

Baca Juga: Gatot usai Gagal Bebaskan Aktivis KAMI: Ya Pulanglah, Masa Mau Tidur Sini?

Halaman:

Editor: Opie Febiwara

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

x