Vaksinasi 'Booster' untuk Siapa? Ini Kata Kemenkes

- 2 Agustus 2021, 09:40 WIB
Jubir Vaksinasi Covid-19 Siti Nadia Tarmizi.
Jubir Vaksinasi Covid-19 Siti Nadia Tarmizi. / /Dok. Kementrian Kesehatan/

PURWAKARTA NEWS - Vaksinasi dosis ketiga atau 'booster' saat ini masih menjadi pertanyaan.

Masyarakat mempertanyakan vaksinasi 'booster' ini digunakan untuk siapa? Dan benarkah sangat diperlukan vaksinasi dosis ketiga ini?

Dikutip dari Antara, Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi menegaskan vaksinasi dosis ketiga atau 'booster' saat ini hanya diberikan baik kepada tenaga kesehatan maupun tenaga pendukung kesehatan yang telah mendapatkan dosis pertama dan kedua.

Baca Juga: Info Rupiah Pagi Ini, Jadi Rp14.459 per Dolar AS Menguat 4 Poin    

"Diperkirakan jumlahnya ada sekitar 1,5 juta orang, yang tersebar di seluruh Indonesia," kata Siti Nadia Tarmizi melalui keterangan pers yang diterima di Jakarta, Senin 2 Agustus 2021.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes itu mengatakan booster hanya diperuntukkan untuk tenaga kesehatan, termasuk tenaga pendukung kesehatan.

Kementerian Kesehatan menegaskan peruntukan booster tidak untuk khalayak umum mengingat keterbatasan pasokan vaksin dan juga masih ada lebih dari 160 juta penduduk sasaran vaksinasi yang belum mendapatkan suntikan.

Baca Juga: Kabar Gembira! Tiga Drama Korea Ini Hadir di Layar Kaca Net TV, Mana yang Paling Ditunggu

"Kami memohon agar publik dapat menahan diri untuk tidak memaksakan kepada vaksinator untuk mendapatkan vaksin ketiga. Masih banyak saudara-saudara kita yang belum mendapatkan vaksin. Mohon untuk tidak memaksakan kehendak," katanya.

Kemenkes telah menerbitkan Surat Edaran Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor HK.02.01/1/1919/2021 tentang Vaksinasi Dosis Ketiga Bagi Seluruh Tenaga Kesehatan, Asisten Tenaga Kesehatan dan Tenaga Penunjang yang Bekerja di Fasilitas Pelayanan Kesehatan.

Halaman:

Editor: Muhammad Mustopa

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x