Cek fakta: Benarkah Vaksin Covid-19 Dapat Merusak DNA? Ini Penjelasannya

- 22 Oktober 2020, 05:44 WIB
ILUSTRASI petugas kesehatan menyuntikan vaksin kepada virus.*
ILUSTRASI petugas kesehatan menyuntikan vaksin kepada virus.* /pixabay

PURWAKARTA NEWS –Beragam informasi menyesatkan terus saja menjadi persoalan yang tak usai-usai. Media sosial jadi salah satu alat untuk menebarkan kebencian, hoaks, dan berbagai informasi tidak benar.

Apalagi di masa pandemi ini. Banyak sekali akun yang mempublis informasi yang tidak jelas sumber dan kebenarannya.

Salah satunya ada sebuah unggahan beredar di media sosial Facebook dan Instagram dan menyatakan vaksin Covid-19 dapat merusak asam deoksiribonukleat (DNA) sebagai penyusun gen di dalam inti sel seseorang.

Baca Juga: Cek fakta: Benarkah Makan Sambil Nonton TV Dapat Merusak Otak? Cek di Sini!

Unggahan tersebut mengklaim seorang ahli osteopati bernama Dr. Carrie Madej, D.O telah memberikan penjelasan potensi kerusakan DNA yang disebabkan oleh vaksin COVID-19.

Kerusakan DNA itu mengacu pada alasan vaksin yang dikembangkan mengandung kode genetik sintesis dari virus SARS-CoV-2 dan tidak seperti vaksin tradisional lainnya.

Kemudian, unggahan tersebut juga menyebutkan vaksin yang dikembangkan itu belum pernah digunakan pada manusia sebelum uji coba baru-baru ini.

Baca Juga: Cek Fakta: Badan Siber dan Sandi Negara Monitoring Aktivitas HP Kita?

Lalu unggahan tersebut pun menyertakan video berdurasi lima menit 39 detik tentang penjelasan Dr. Carrie Madej mengapa vaksin dapat merusak DNA.

Pertanyaannya benarkah vaksin Covid-19 merusak DNA?

Halaman:

Editor: Opie Febiwara

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

x