Kuliner Khas Papua, Sabrah Aubiah Rasanya Endol Banget

- 7 Oktober 2020, 21:56 WIB
MAKANAN Khas Papua Sabrah Aubiah.*
MAKANAN Khas Papua Sabrah Aubiah.* /Pamor

PURWAKARTA NEWS - Bagi Anda yang hobi berwisata kuliner, bisa dicoba salah satu makanan khas Papua yang bernama Sabrah Aubiah.

Tapi tak perlu jauh-jauh menyambangi tempat asalnya. Karena ternyata di Bandung pun telah hadir pionir menu jawara Indonesia timur bertajuk sabrah aubiah Raja Ampat.

Kuliner khas Papua ini bisa dilahap saat kamu melipir di Pamor Restoran Nara Park Bandung. Nama signature menu itu sabrah aubiah yang kini menjadi menu andalan dari para pengunjung.

Baca Juga: Tips Membuat Nasi Goreng Enak, Mudah Banget Loh

Tanah Papua memang dikelilingi lautan indah, sehingga keragaman kuliner khas Papua memang tak jauh dari ikan. 

Perlu diketahui bahwa di Papua sabrah aubiah kerap hadir di saat pesta atau ritual yang dihadiri banyak orang. Tak heran ikan yang diolah harus dipilih dari jenis ikan laut besar dengan pelengkap papeda yang berasal dari tepung sagu.

Dikutip Purwakarta News dari Jurnal Gaya dengan judul, "Sedapnya Sabrah Aubiah, Kuliner Khas Papua yang Rasanya Nampol di Lidah!" Executive Chef Pamor Restoran Sunar Setiawan menuturkan, untuk menyesuaikan dengan selera orang Bandung pada umumnya sabrah aubiah khas Pamor menggunakan ikan nila merah berukuran 450 gram. Bahkan ia juga menggantikan olahan papeda dengan seporsi nasi hangat.

Baca Juga: Resep Mudah Membuat Surabi, Boleh Coba di Rumah

"Sabrah aubiah khas Pamor memiliki rasa yang autentik karena bumbu dan cara pengolahan mengikuti resep aslinya di Raja Ampat. Bedanya kita menggunakan ikan kecil karena menunya dibuat untuk personal," ujar Sunar saat dijumpai di Nara Park Bandung.

Baca Juga: Sate Maranggi Purwakarta Bisa Diolah di Rumah, Nikmatnya Sama

Halaman:

Editor: Opie Febiwara

Sumber: Pikiran Rakyat Jurnal Gaya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

x