5 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh

- 8 Oktober 2020, 11:55 WIB
Kunyit Kaya akan Manfaat.*
Kunyit Kaya akan Manfaat.* /www.restaurantes.com

PURWAKARTA NEWS - Kunyit sangat kaya manfaat untuk kesehatan tubuh. Bagi masyarakat Indonesia, kunyit sudah bukan barang asing. Umumnya, kunyit dimanfaatkan sebagai bumbu masakan, bahan jamu, dan obat herbal

Selain itu, kunyit dan terutama senyawa kurkuminnya yang paling aktif memiliki banyak manfaat kesehatan yang terbukti secara ilmiah, seperti potensi mencegah penyakit jantung, Alzheimer, dan kanker.

Kunyit juga mengandung senyawa bioaktif dengan sifat obat yang kuat yaitu kurkumin. Kurkumin adalah bahan aktif utama dalam kunyit.

Baca Juga: Sebelum Mengkonsumsi, Ketahui Dahulu Manfaat dan Efek Samping Bee Pollen

Ini 5 manfaat kunyit untuk kesehatan, dikutip seperti diberitajan Pikiran-Rakyat.com dalam artikel, "5 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Tingkatkan Fungsi Otak".

1. Kunyit Secara Dramatis Meningkatkan Kapasitas Antioksidan Tubuh

Kurkumin memiliki efek antioksidan yang kuat. Ini menetralkan radikal bebas dengan sendirinya tetapi juga merangsang enzim antioksidan tubuh Anda sendiri.

Baca Juga: Bikin Ngiler, Ini 4 Kuliner Khas Purwakarta yang Enak dan Murah

2. Mingkatkan Fungsi Otak dan Menurunkan Risiko Penyakit Otak

Kurkumin meningkatkan kadar hormon otak BDNF, yang meningkatkan pertumbuhan neuron baru dan melawan berbagai proses degeneratif di otak.

Halaman:

Editor: Opie Febiwara

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x