Sebelum Mengkonsumsi, Ketahui Dahulu Manfaat dan Efek Samping Bee Pollen

- 6 Oktober 2020, 21:55 WIB
Bee Pollen
Bee Pollen /haleyshoneymeadery

PURWAKARTA NEWS - Belakangan ini bee pollen sedang digemari banyak orang lantaran dipercaya mengatasi beberapa masalah kesehatan. Bee pollen merupakan campuran dari serbuk sari bunga, nektar, enzim, madu, lilin, dan sekresi lebah.

Bee pollen berbeda dengan produk lebah lainnya seperti madu, royal jelly, atau sarang lebah, karena produk-produk tersebut mungkin tidak mengandung serbuk sari atau mungkin mengandung zat lain.

Bee pollen memiliki kandungan nutrisi yang sangat kaya dan menyehatkan, seperti asam amino, vitamin, mineral, karbohidrat, lipid, dan protein. Para ahli herbal telah memuji bee pollen sebagai makanan yang sangat bergizi. Mereka mengklaim bee pollen dapat mengatasi masalah kesehatan tertentu. Bahkan, The Federal Ministry of Health di Jerman juga mengakui bee pollen sebagai obat.

Baca Juga: [UPDATE] Covid-19 Purwakarta per 6 Oktober, Kasus Positif Tembus 77 Orang

Sebelum mengkonsumsi bee pollen, ada baiknya kita mengetahui dahulu manfaat dan efek samping dari bee pollen. Berikut manfaat bee pollen:

1. Memiliki Beragam Kandungan Gizi

Bee pollen mengandung lebih dari 250 zat aktif biologis, termasuk protein, karbohidrat, lipid, asam lemak, vitamin, mineral, enzim, dan antioksidan. Dalam butiran serbuk sari lebah, mengandung kurang lebih Karbohidrat 40 persen, Protein 35 persen, Air 4-10 persen, Lemak 5 persen, Zat lain 5-15 persen.

Namun, kandungan nutrisi bee pollen juga tergantung pada sumber tumbuhan dan musim pengumpulannya. Misalnya, penelitian telah menemukan bahwa bee pollen yang dikumpulkan dari tanaman pinus memiliki protein sekitar 7 persen, sedangkan pollen yang dikumpulkan dari pohon kurma dapat mengandung protein sebanyak 35 persen. Bee pollen yang dipanen selama musim semi juga memiliki komposisi asam amino yang berbeda dari pollen yang dikumpulkan selama musim panas.

2. Kaya Antioksidan untuk Melindungi dari Radikal Bebas

Halaman:

Editor: Aga Gustiana

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x