Bupati Anne Dorong Digitalisasi UMKM Purwakarta

- 2 April 2023, 17:00 WIB
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika saat berfoto bersama pelaku UMKM
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika saat berfoto bersama pelaku UMKM /Awenk Wahyudin /

PURWAKARTA NEWS - Mengingat masih cukup banyak para pelaku usaha yang masih menerapkan pola-pola pemasaran secara konvensional, jajaran Pemkab Purwakarta terus berupaya untuk mendorong para pelaku UMKM tersebut untuk melek teknologi.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengatakan, di era digital seperti sekarang ini para pelaku UMKM diharapkan bisa lebih berinovasi. Misalnya, dengan memanfaatkan jejaring pasar online sebagai akses pemasarannya.

"Hingga kini, di kita masih ada sekitar 5.670 wirausaha baru yang tergabung dalam 150 kelompok UMKM dan masih menggunakan metode pemasaran konvensional dengan basis pasar yang terbatas," ujar Ambu Anne, belum lama ini.

Baca Juga: Bawaslu Purwakarta Ingatkan Ancaman Sanksi Etik Hingga Pidana Bagi Kades dan ASN Tidak Netral Dalam Pemilu

Baca Juga: Daftar Harga Produk Unggulan di Bazar Ramadhan Purwakarta, dari Minyak, Beras Hingga Daging Sapi

Atas dasar itu, kata Ambu Anne, jajarannya akan mendorong agar para pelaku UMKM tersebut bisa lebih melek digital untuk memperluas pemasarannya. Sehingga, kedepan mereka tak lagi mengandalkan pasar konvensional saja.

Adapun upaya yang akan dilakukan jajarannya, lanjut dia, yakni dengan memberikan pelatihan digitalpreneur kepada para pelaku UMKM baru tersebut. Kali ini ada 750 pelaku usaha yang akan diikutsertakan dalam program pelatihan tersebut.

"Mereka akan dilatih dan diberi beberapa pemahaman, misalnya mengenai broadcasting, bisnis e-commerce, digital content, E-learning dan bisnis afiliasi. Dengan pelatihan ini, kedepan mereka diharapkan bisa lebih memperluas jaringan pemarasan produknya," kata Anne.

Baca Juga: Muncul Kasus Polio di Purwakarta, Bupati Anne Ratna Mustika: Kita Tindaklanjuti Arahan Kemenkes

Halaman:

Editor: Awenk Wahyudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

x