Jurus Gubernur Ridwan Kamil Bantu UMKM saat Pandemi

- 26 Oktober 2020, 17:29 WIB
Gubernur Jawa barat, Ridwan Kamil
Gubernur Jawa barat, Ridwan Kamil /Humas Jabar

PURWAKARTA NEWS - Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil atau Kang Emil menyiapkan jurus jitu untuk membantu meningkatkan bisnis di level UMKM yang sempat anjlok selama pandemi COVID-19 yakni dengan memberikan kesempatan bagi pelaku UMKM untuk bekerja sama dengannya dan mendesain tiap produk UMKM-nya.

Dilansir dari Antara pada Senin 26 Oktober 2020, Kang Emil menuturkan jurus jitu tersebut muncul saat dirinya mengunggah salah satu produk UMKM jenis sepatu buatan pelaku usaha asal Bandung Exodos57 dan unggahan tersebut ternyata berdampak terhadap penjualan produk.

"Jadi sekitar dua bulan lalu saya didatangi industri ekonomi kreatif yang menyatakan gara-gara covid industri kreatif turun. Saya bertemu mas Gally warga Jabar keturunan Palu. Saya pakai produknya viral. Gara-gara itu statistik medsos punya nilai ekonomi," kata Kang Emil.

Baca Juga: PDI Perjuangan Endus Ada Manuver ke Arah Kudeta

Berdasarkan pengalaman tersebut, Gally Rangga pemilik brand Exodos57 dan Geer Company meminta Kang Emil untuk turut serta mempromosikan brand lokal lainnya sebagai cara mendongkrak roda ekonomi para pelaku UMKM.

"Istilahnya saya itu menyambut gagasan Gally bahwa selama Covid kita perlu kebersamaan untuk meningkatkan ekonomi kreatif. Kebetulan saya punya dua hal, latarbelakang desain dan sosial media," kata Kanf Emil.

Namun, pihaknya mengaku tak ingin berhenti sebatas menjadi promotor dan dirinya bersedia untuk terjun langsung mendesain agar tiap produk punya identitas yang kuat.

Ide atau jurus jitu tersebut direspons positif para pelaku UMKM dan setelah melewati proses kruasi hingga saat ini total ada 22 brand lokal dari Jabar, Jawa Tengah dan Jawa Timur yang akan berkolaborasi.

Baca Juga: Keluar dari Penjara, Ronaldinho Positif Covid-19

Halaman:

Editor: Muhammad Mustopa

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

x