Banjir Rendam Tiga Dusun di Ciparay Kabupaten Bandung

- 25 Oktober 2020, 23:08 WIB
Sejumlah wilayah di Kabupaten Bandung terendam banjir  pada Minggu, 25 Oktober 2020. Tiga dusun di Kabupaten Bandung terendam banjir, sekitar 462 jiwa terkena dampak.
Sejumlah wilayah di Kabupaten Bandung terendam banjir pada Minggu, 25 Oktober 2020. Tiga dusun di Kabupaten Bandung terendam banjir, sekitar 462 jiwa terkena dampak. /ANTARA/Ajat Sudrajat

PURWAKARTA NEWS- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat menyatakan tiga dusun di Desa Bumiwangi Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung terendam banjir akibat diguyur hujan pada Sabtu 24 Oktober 2020 sore hingga malam.

"Banjir yang terjadi di tiga dusun tersebut dikarenakan hujan dengan intensitas deras yang cukup lama dan kurangnya serapan di atas Gunung Segingga sehingga air masuk ke irigasi membawa lumpur ke pemukiman warga," kata Manajer Pusdalops PB BPBD Provinsi Jawa Barat Budi Budiman Wahyu di Bandung, Minggu 25 Oktober 2020 seperti dilansir Antara.

Ketiga dusun yang terdampak banjir ialah Dusun Cinangka, Dusun Cikopo dan Dusun Karasak.

Baca Juga: Bupati Ade Yasin: 22.000 Jiwa di Bojongkulur Bogor Terdampak Banjir

Selain itu, kata Budi, drainase yang tersumbat oleh sampah pohon dan sedimentasi di saluran irigasi sekunder menjadi penyebab banjir di tiga dusun tersebut.

Ia menuturkan ketinggian air yang masuk ke permukiman warga pada saat kejadian mencapai 50 cm dan lumpur 40 cm dan jumlah warga terdampak banjir tersebut berjumlah sekitar 152 kepala keluarga atau sebanyak 462 jiwa.

BPBD Jabar, lanjut Budi, juga telah melakukan upaya penanganan dengan cara memantau dan melakukan koordinasi dengan BPBD Kabupaten Bandung agar segera melakukan tindakan di lokasi banjir.

Baca Juga: DPRD Jabar Matangkan DOB Bogor Timur, Garut Selatan, Sukabumi Utara

"Jadi teman-teman di BPBD Kabupaten Bandung melakukan assessment ke lokasi kejadian dan berkoordinasi dengan aparat desa setempat," kata dia.

Halaman:

Editor: Muhammad Mustopa

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

x