Antony Blinken Kemungkinan Jabat Menlu AS di Pemerintahan Joe Biden

- 23 November 2020, 23:06 WIB
Anthony Blinken diprediksi akan dicalonkan sebagai Menteri Luar Negeri AS oleh Joe Biden.*
Anthony Blinken diprediksi akan dicalonkan sebagai Menteri Luar Negeri AS oleh Joe Biden.* /Foto: Instagram @usainuae/

PURWAKARTA NEWS - Joe Biden, presiden terpilih Amerika Serikat, akan menunjuk Antony Blinken sebagai menteri luar negeri, kata seorang narasumber yang dekat dengan tim transisi, Minggu 23 November 2020 dilansir dari Antara.

Blinken merupakan orang yang lama menjadi kepercayaan Biden. Ia pernah menjabat sebagai orang nomor dua di Departemen Luar Negeri AS sebagai penasihat keamanan nasional pada pemerintahan Barack Obama, yang saat itu Biden menjabat sebagai wakil presiden.

Blinken adalah pilihan pertama Biden, kata narasumber kedua yang juga dekat dengan tim transisi. Biden, kata dia, kemungkinan akan mengumumkan pilihannya itu pada Selasa 24 November 2020 dilansir dari Antara.

Baca Juga: Jerman Berencana Suntikkan vaksin COVID-19 pada Desember 2020

Sementara Blinken disebut sebagai kandidat utama menteri luar negeri AS, Jake Sullivan, penasihat Biden lainnya, kemungkinan akan ditunjuk sebagai penasihat keamanan nasional, kata narasumber pertama. Kabar tersebut pertama kali diberitakan oleh Bloomberg News.

Tim transisi Biden masih menolak untuk berkomentar. Blinken dan Sullivan juga belum menanggapi pertanyaan terkait laporan tersebut.

Blinken dan Sullivan telah membantu Biden menyusun strategi yang akan kembali mendekatkan AS ke sekutunya, negara-negara Barat, mengingat hubungan kedua pihak mendingin akibat pendekatan "America First" atau "Amerika yang Utama" Presiden Donald Trump.

Baca Juga: AC Milan Rebut Kembali Posisi Puncak Klasemen Liga Italia

Kedua sosok itu juga membantu Biden menemukan cara untuk memulihkan kembali hubungan luar negeri AS dan bekerja sama dengan negara-negara di dunia untuk mengatasi berbagai masalah global, seperti pandemi COVID-19 dan krisis ekonomi.

Halaman:

Editor: Opie Febiwara

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

x