UMKM Didorong untuk 'Go Online' di Masa Pandemi Covid-19 Ini

- 29 Oktober 2020, 11:45 WIB
SEJUMLAH pedagang mengikuti Peluncuran Program Ekonomi Kerakyatan di rumah aspirasi Desa Sidaharja, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah baru-baru ini.
SEJUMLAH pedagang mengikuti Peluncuran Program Ekonomi Kerakyatan di rumah aspirasi Desa Sidaharja, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah baru-baru ini. /Oky Lukmansyah/ANTARA FOTO

PURWAKARTA NEWS - Gairah masyarakat UMKM untuk menjadi bagian dari e-commerce tetap meningkat. Meskipun harus dilakukan pemberdayaan, pembinaan, sekaligus peningkatan kesiapan bagi UMKM Go Online.

Meskipun, di tengah masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, semua keluarga e-commerce mengalami tantangan yang sama, yaitu daya beli pasar yang menurun.

"Kesiapan serta motivasi UMKM Go Online inilah yang akan terus kita dorong dan upayakan dengan melibatkan Pemerintah dan masyarakat," kata Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar seperti dikutip dari RRI, Kamis 29 Oktober 2020.

Baca Juga: 5 Karakter Wanita di Serial Naruto, Seksi dan Kuat Lho, Sakura mah Lewat!

Baca Juga: Cuman Bayar Parkir Aja, Ini 6 Rekomendasi Tempat Wisata Gratis di Semarang

Ia mengatakan, setiap bisnis usaha pasti akan menemukan fase persaingan yang keras dan tinggi, tetapi hal itu bisa diatasi dengan peningkatan kualitas secara kompetitif.

"DPR akan mendorong Pemerintah untuk memberikan stimulus-stimulus, baik melalui APBN maupun melalui aturan-aturan. Selain itu juga dengan kebijakan undang-undang yang mendukung lebih kondusifnya e-commerce," ujar Politisi Fraksi PKB ini.

Aplikasi LinkAja atau sistem pembayaran uang elektronik yang telah diluncurkan Pemerintah memang dituntut untuk lebih kompetitif dalam menghadapi persaingan e-commerce. Sistem pembayaran uang elektronik wajib kompetitif jika tidak ingin tertinggal dari e-commerce lainnya.

Baca Juga: Luar Biasa, Ternyata Ada Burung Merpati Balap yang Harganya Rp20 Miliar

"Fasilitas yang ditawarkan juga harus mampu memberikan kemudahan bagi konsumen sebagai langkah menghadapi persaingan yang ada," ujarnya.***

Editor: Opie Febiwara

Sumber: RRI


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x